Bancmarking SPMI bersama Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Nahdlatul Ulama Blitar (UNU Blitar) melakukan kegiatan Bancmarking SPMI bersama Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta  yang dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Juli 2022 di Ruang Sidang BPM UII Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Rina Mulyati, M.Si selaku Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, serta seluruh Kepala Bidang di Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Selain itu, tim dari Lembaga Penjaminan Mutu UNU Blitar diikuti oleh Bapak M. Helmi Hakim, M.Si selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UNU Blitar, Ibu Rachmadania Akbarita, M.Pd. selaku Kapala Pusat AMI, serta Bapak M. Arifin, M.H. selaku Kapal Pusat Akreditasi.

Pada kegiatan Banchmarking SPMI ini Dr. Rina Mulyati, M.Si menjelaskan tentang PPEPP, dokumen SPMI yang ada seperti Kebijakan, Standar, Manual, dan Formulir, serta unsur-unsur pada standar SPMI yang dibuat serta keterkaitan antara standar satu dengan yang lainnya.

Kepala BPM UII Yogyakarta melanjutkan bahwa pentingnya pelaksanaan SPMI dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi, terdapat 24 Standar minimum yang harus ada pada perguruan tinggi yang terbagi atas 8 Standar Nasional Pendidikan, 8 Standar Penelitian, dan  8 Standar Pengabdian Kepada Masyarakat. Selain itu, di dalam standar harus terdapat visi misi di awal pernyataan standar.

Setelah Kepala BPM UII Yogyakarta menyampaikan materinya maka dilaksanakannya diskusi atau tanya jawab, dalam kesempatan ini ada beberapa pertanyaan yang ada dari Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UNU Blitar seperti metode penomoran standar, pelaksanaan AMI seperti apa, hingga Monev yang dilakukan oleh GKM. Setelah sesi diskusi/tanya jawab selesai maka kegiatan Banchmarking ini ditutup dengan foto bersama.